kata mutiara

" Saat anda tulus mencinta, anda senantiasa mencintainya walau sudah berpisah. bila tidak, anda memanglah dari awal tidak mencintainya."

Selasa, 30 Oktober 2012

TULISAN TENTANG EKONOMI 6



Mengontrol Lewat Tulisan
 
MAHASISWA merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh suatu bangsa. Mahasiswa memiliki segala prasyarat untuk menjadi manusia yang paripurna. Manusia yang tidak hanya sibuk memikirkan tentang keberlangsungan hidupnya, namun juga bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kemajuan masyarakat.

Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi telah disebutkan secara gamblang tiga tugas utama mahasiswa. Ketiga hal tersebut adalah pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ketiga hal ini mutlak harus dimiliki oleh mahasiswa jika tidak maka identitas "kemahasiswaannya" akan dipertanyakan.

Tri Dharma perguruan tinggi mendorong mahasiswa untuk terus berkarya guna memenuhi tanggung jawab moral dan intelektualnya terhadap kemaslahatan masyarakat. Salah satu cara yang paling efektif yang dapat ditempuh mahasiswa adalah dengan aktif dan giat menulis.

Menulis merupakan kegiatan mulia. Dengan menulis kita dapat membangun peradaban. Melalui tulisan kita dapat mentransformasikan ide, gagasan, masukan, atau kritikan, kita terhadap segala sesuatu. Dengan tulisanlah semua yang tadinya bersifat abstrak dalam alam pikiran dapat kita ubah menjadi nyata dan terekam dalam sejarah.

Babakan antara zaman pra-sejarah dan sejarah pun ditandai dengan penemuan tulisan. Tulisanlah yang menjadi parameter utama peradaban dan kemajuan suatu bangsa. Lihatlah hampir setiap perjuangan dan revolusi terjadi dan dilecutkan oleh tulisan. Tulisan dapat menjadi media propaganda yang efektif. Tak jarang tulisan mampu menghujam tirani melebihi kekuatan meriam.

Tulisan juga dapat menjadi senjata ampuh dalam perjuangan melawan penindasan. Lihatlah bagaimana Ki Hadjar Dewantara, dkk menyerang kolonialisme dengan Koran Harian Hindia Poetranya. Lihatlah tulisan Karl Marx melawan kapitalisme. Selain itu, Lihatlah pula tulisan-tulisan Ali Shariati melawan rezim diktator Muhammad Reza Shah Pahlevi.

Semua tulisan mereka tersebut sarat dengan semangat perubahan dan revolusioner. Menulis adalah perjuangan melawan kebisuan, kejumudan, dekadensi, bahkan kedzaliman. Itulah Perjuangan melalui tulisan dengan segala ciri khasnya. Di tengah arus iklim demokrasi seperti ini, Kontrol dari masyarakat terlebih mahasiswa terhadap pemerintahan sangatlah dibutuhkan.

Kontrol yang tidak dilakukan dengan anarkis tetapi kontrol yang dilakukan dengan elegan tanpa meninggalkan semangat perubahan khas mahasiswa. Karena itulah salah satu fungsi utama tulisan, persis seperti yang dikatakan oleh penulis terkenal Mexico, Carlos Feuntes, "Writing is a struggle against silence"- menulis adalah perjuangan melawan kebisuan.




Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2009/09/24/95/259491/mengontrol-lewat-tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar